Skip to main content

Contoh Naskah Pidato Tentang Kesehatan

Contoh Naskah Pidato Tentang Kesehatan -  Dalam minggu ini tema kita masih seputar pidato, dan hari ini yang kita bahas adalah tentang kesehatan. Seperti artikel sebelumnya yang berjudul Contoh Pidato Bertema Lingkungan Hidup SAM Berita akan menyajikan beberapa contoh pidato kesehatan, dan selengkapnya bisa anda lihat di bawah.

Naskah Teks Pidato Kesehatan Berjudul Penyuluhan TBC Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh
Yang terhormat Bapak Kepala (nama sekolah)
Bapak / ibu guru (nama sekolah) yang kami hormati
dan siswa-siswi (nama sekolah) yang kami sayangi

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT , yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini untuk mengikuti penyuluhan tentang penyakit TBC.
Hadirin yang berbahagia, kami selaku kader kesehatan dari Puskesmas Sehat Bugar akan menyampaikan beberapa hal tentang penyakit TBC yang mewabah saat ini.

Penyakit TBC atau Tuberculosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Tuberculosis.
Kuman tersebut dapat menyerang bagian-bagian tubuh kita seperti paru-paru, tulang sendi, usus, kelenjar limfe, selaput otak, dan lain-lain.
Penderita TBC ditandai dengan gejala pokok, yaitu batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih. Selain itu, penderita TBC juga mengalami gejala tambahan,
yaitu demam dan meriang selama 1 bulan atau lebih, nyeri dada dan sesak napas, dahak bercampur darah, dan keluar keringat dimalam hari tanpa melakukan kegiatan.

Hadirin yang kami banggakan, penyakit TBC adalah penyakit menular yang dapat menular melalui kuman.

Kuman TBC disebarkan oleh penderita yang belum berobat,  yang batuk dan bersin tanpa menutup mulutnya, lalu masuk ke paru-paru manusia melalui  pernapasan.
Untuk menentukan penderita TBC, dilakukan pemeriksaan dahak di laboratorium, lalu pemeriksaan roentgen foto paru-paru bila pemeriksaan laboratorium hasilnya negative.
Hadirin yang terhormat, walaupun TBC adalah penyakit mematikan, namun ada cara mengobatinya, yaitu pertama-tama pergi ke puskesmas atau rumah sakit.
Apabila dinyatakan positif TBC, maka akan diberi obat paket secara gratis. Obat ini harus diminum setiap hari selama 6-8 bulan sampai dinyatakan sembuh.
Mencegah penyakit TBC tidak sulit, yaitu melakukan imunisasi TBC sejak dini untuk anak-anak.

Selain itu, bagi yang belum terjangkit harus meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh kita rendah, tubuh kita rentan terhadap penyakit.
Hadirin sekalian, TBC merupakan penyakit yang dapat mematikan dan mudah menular.
Jadi, bagi yang sedang terjangkit TBC, harus minum obat secara teratur sampai dinyatakan sembuh dan harus berhati-hati agar tidak menularkan penyakitnya ke orang lain.

Sekian pidato penyuluhan dari kami, terimakasih atas perhatiannya dan kami mohon maaf atas kesalahan yang kami perbuat.

Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarrakatuh

Naskah Teks Pidato Kesehatan Berjudul Pola Hidup Sehat

Assalamualaikum Wr Wb

Selamat pagi dan Salam Sejahtera untuk kita semua,
Yang terhormat, Ketua Puskesmas Tirtaraya, kepada yang terhormat, bapak kepala desa sukamaju, kepada yang terhormat ibu-ibu PKK RW 6 (selanjutnya terserah)
Sebelumnya, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang teleh berkenan memberikan kita rahmat kesehatan,
sehingga kita semua bisa berkumpul dalam acara ........................ ini tanpa ada satu halangan apapun.


Dalam kesempatan ini, saya ingin sedikit menyampaikan kepada hadirin sekalian tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat di keluarga.
Hadirin sekalian, kita semua tentunya sudah pernah menyaksikan di Televisi, di koran, atau majalah tentang banyaknya anggota keluarga yang terjangkit penyakit,
baik itu penyakit muntaber, diare, TBC, cacar, dan yang lainnya. Hal ini tentu sangat disayangkan, kenapa? karena kita sebenarnya bisa mencegah atau meminimalisir terjadinya penyakit-penyakit tadi.
Caranya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga.
Apakah pola hidup sehat dalam keluarga itu? Pola hidup sehat Suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor yang berhubungan dengan kesehatan dan diterapkan dalam keluarga.
Lalu, bagaimanakah cara untuk menerapkanya dalam keluarga? tentu saja ada banyak cara. Diantaranya adalah :

1. Sebisa mungkin, gunakan air minum yang sudah benar-benar masak dan makanan yang sehat, serta kurangi terlalu bnyak makan yang mengandung minyak karbohidrat dan lemak Karena hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

2. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, serta Ajarkan kepada anak-anak kita betapa pentingnya menjaga kebersihan.

3. Berolahraga secara teratur, tak perlu olahraga yang mahal, cukup olahraga yang murah seperti jogging atau bersepeda. hal ini bisa membantu tubuh agar tetap sehat dan bugar.

4. Kurangi dan hilangkan kebiasaan merokok dan minum-minuman keras serta kebiasan buruk lainya yang bisa berakibat tidak baik bagi kesehatan.

5. dan masih bnayak lagi contoh-contoh lainya.

Dengan menerapkan contoh pola hidup sehat tadi, maka kita akan ikut menjaga kesehatan keluarga kita,
sehingga nantinya semua anggota keluarga kita akan sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit.
Kiranya, hanya itu yang dapat saya sampaikan, Kurang dan lebihnya, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum, wr wb 


Naskah Teks Pidato Kesehatan Berjudul Peduli Kesehatan Perempuan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak/Ibu guru serta teman – teman yang saya banggakan.

Pertama – tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya lah kita dapat berkumpul di sini. Shalawat dan salam juga tidak lupa kita panjatkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, manusia istimewa di sisi Allah. Teladan dan panutan bagi kita yang mencintainya. Keteguhan hatinya membuat inspirasi keyakinan bagi kita, kekuatan kehendaknya seperti menyalurkan energi dan semangat bagi kita semua. Pada kesempatan pagi hari ini saya akan menyampaikan sebuah pidato mengenai kesehatan, khususnya penyakit – penyakit yang rentan di derita oleh kaum wanita.

Teman – teman sekalian,
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan juga merupakan anugerah dari Allah kepada kita agar kita dapat beraktifitas. Kesehatan harus kita jaga agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit yang ada di sekitar kita.Pemeliharaan kesehatan adalah upaya penanggulangan dan pencegahan gangguan kesehatan yang memerlukan pemeriksaan, pengobatan dan perawatan termasuk kehamilan dan persalinan.

Teman – teman sekalian,
Perempuan merupakan salah satu unsur kekuatan masyarakat. Ditangannya lahir generasi harapan masa depan agama dan negara. Dengan kelembutan hati dan rasanya, dengan kekuatan tekat dan kemauannya, dengan kegigihan dan keuletan usahanya dalam melahirkan, merawat, dan mendidik buah hatinya. Kepadanya kita sandarkan proses peralihan generasi dan peradaban ini. Sehingga para wanita diharapkan untuk tetap menjaga staminanya dengan menjaga kesehatan menjadi sangat penting.

Satu hal yang penting dilakukan bagi wanita adalah dengan mengetahui penyakit – penyakit yang rentan diderita sehingga bisa melakukan upaya – upaya preventif dalam menjaga kesehatan badan.
Juga sangat penting bagi kita untuk segera mengambil langkah sedini mungkin jika tahu ada sesuatu kelainan atau gangguan pada kesehatan kita.

Teman – teman sekalian,
Penyakit yang paling sering di temukan pada kaum wanita adalah kanker leher rahim, kanker payudara, anemia, depresi, dan osteoporosis. Kanker leher rahim adalah tumor ganas pada lapisa permukaan leher rahim dan kanker payudara merupakan penyakit kanker yang menduduki posisi kedua terbanyak pada perempuan di Indonesia.

Dewasa ini permasalah kaker merupakan masalah yang serius dan terus meningkat baik di negara berkembang maupun negara maju. Sekitar 7,6 juta (13%) kematian di dunia disebabkan oleh kanker.
Anemia merupakan suatu penyakit yang banyak terjadi di dunia. Diperkirakan dari 39% penduduk dunia menderita anemia, dan sebagian besar berada di daerah tropik.

Anemia ditandai dengan menurunnya kadar zat warna merah dalam sel darah yang disebut dengan hemoglobin. Depresi adalah dimana pikiran kita sedang stres. Meskipun terlihat sederhana tetapi dari kondisi ini dapat membuat kita rentan terkena penyakit misalnya karena dengan nafsu makan berkurang, tidur terganggu serta kehilangan minat dan kegembiraaan.

Dan yang terakhir adalah osteoporosis atau tulang keropos. Osteoporosis adalah keadaan dimana terdapat pengurangan massa tulang, dan memburuknya susunan jaringan tulang sehingga tidak mampu melindungi atau mencegah terjadinya fraktur (patah tulang) terhadap trauma (benturan).
Osteoporosis tersebar di seluruh dunia dan sampai saat ini masih merupakan masalah penting dalam kesehatan masyarakat, terutama di negara berkembang seperti Indonesia.
Patah tulang karena osteoporosis menimbulkan nyeri yang hebat dan ketidakmampuan pada penderitanya. Patah tulang kerena osteoporosis bagian panggul merupakan keadaan paling berat pada penderitanya dan akan mengakibatkan kematian.

Teman – teman sekalian,
Oleh karena itu kita harus menjaga kesehatan kita agar kita tidak tekena penyakit – penyakit tersebut.
Saya berharap smoga pidato saya ini dapat membantu memberikan tambahan pengetahuan dan bekal untuk menjaga kesehatan.

Bagaimanapun juga, sebagian besar penyakit yang rentan pada perempuan bisa kita hindari dengan cara mengubah pola hidup yang sehat dan dengan deteksi sedini mungkin.
Saya kira hanya ini yang dapat saya sampaikan, jika ada kata – kata saya yang salah saya mohon maaf. Wassalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dan itulah 3 Contoh Naskah Pidato Tentang Kesehatan yang bisa SAM sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi anda.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Surat Pesanan Barang yang Baik & Benar

Contoh Surat Pesanan yang Baik & Benar  - Setelah lama tidak menghadirkan artikel artikel baru di blog alakadarnya ini kita akan berbagi informasi tentang contoh surat pesanan barang. Dibawah ini adalah beberapa  Contoh Surat Pesanan Barang yang Baik & Benar  : Contoh Surat Pesanan Barang 1 : Surabaya, 10 nopember 2014 Kepada Yth, PT, Super Seiya JL. Jalan sore sama pacar. no 67. Jakarta No. : 014/IX/PSB/07 Hal : surat pesanan barang Dengan hormat, Berdasarkan surat penawaran barang yang dilakukan PT Super Seiya pada kami PT. Paling Maju Jaya, maka kami bermaksud melakukan pemesan barang kepada anda dengan spesifikasi dan harga sesuai dengan yang anda tawarkan pada kami. Berikut ini adalah nama dan spesifikasi barang yang kami pesan No Nama Barang Spesifikasi Kami berharap barang yang kami pesan sesuai yang tercatat dalam tersebut bisa dikirim segera, mengingat perusahaan kami sangat membutuhkan, atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima

Profil Biografi & Kisah Sukses Pengusaha Muda Hamzah Izzulhaq

Profil Biografi & Kisah Sukses Pengusaha Muda Hamzah Izzulhaq -  Dia adalah pengusaha muda yang sukses, dia bisa dijadikan contoh buat pemuda Indonesia agar bisa berkarya dan sukses di usia muda. Disini saya akan berbagi informasi mengenai Profil, Biodata, Kisah Sukses & Tips dari Hamzah Izzulhaq. Pemuda kelahiran Jakarta, 26 April 1993 ini memang sudah memiliki bakat bisnis sejak masih sd mulai dari menjual kelereng, gambaran, petasan hingga menjual koran, menjadi tukang parkir serta ojek payung pernah dilakukannya.  PROFIL SINGKAT HAMZAH IZZULHAQ Nama : Hamzah IzzulHaq Tanggal Lahir: 26 April 1993 Tempat Lahir: Jakarta Job : Enterperneur Muda bidang Franchise dan Direktur CV Hamasa Twitter : @hamasacorp Facebook : https://www.facebook.com/fanspagehamzahizzulhaq Hamzah sudah belajar berbisnis mulai usia dini pada waktu kelas 5 SD dengan menjual beberapa macam permainan seperti kelereng, petasan,dan berbagai macam permainan yang disukai anak-anak.  Mulai beran

Contoh Naskah Teks Pidato Bertema Pendidikan

  Contoh Naskah Teks Pidato Bertema Pendidikan - Kali ini SAM Berita masih akan membahas tentang Pidato, setelah kemarin menerbitkan artikel dengan judul Contoh Pidato Tentang Kesehatan , kali ini yang akan kita bahas adalah tentang Pendidikan. Langsung saja disini kita akan menampilkan beberapa Contoh Pidato Tentang Pendidikan :   Contoh Naskah Teks Pidato Pentingnya Pendidikan Moral Assalamualaikum wr wb,  Bapak/ ibu guru beserta teman-teman yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur Kehadirat Allah Yang   Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini, saya ucapkan banyak terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Pentingnya Pendidikan Moral”.  Bapa ibu guru beserta teman-teman yang saya cintai, Sebelumnya pasti Kita semua tahu bahwa pendidikan adalah bagian terpenting dalam kehidupan berbangsa dan